Banjir dan Longsor di Sekitar Danau Toba, Lalu Lintas Lumpuh

  • Bagikan

BERITATERAS.ID — Kawasan wisata Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara dilanda banjir dan longsor, Kamis (13/5/2021). Pusat Kota Parapat yang jadi kawasan wisata Danau Toba tergenang banjir material longsor berupa batu dan lumpur. Akibatnya, arus lalu lintas lumpuh.

Lokasi banjir di Jalan Lintas Sumatera di Desa Sualan, Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Lalu lintas lumpuh di sepanjang jalan kawasan wisata pintu masuk ke Danau Toba.

Baca Juga:   Gempa M 6,7 Guncang Nias Barat, Warga Panik dan Mengungsi

Material longsor dengan kandungan material bebatuan, lumpur serta bongkol kayu menumpuk di badan jalan.

Dalam video rekaman warga, terlihat derasnya air yang mengakibatkan banjir dan longsor berasal dari perbukitan di sekitar Danau Toba.

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Aritonang mengatakan, longsor terjadi pukul 17.00 WIB. Satu jam setelahnya, anggotanya telah dikerahkan membersihkan material banjir.

“Kami sudah bekerja sama dengan pihak terkait,” terang Hendrik, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga:   Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Banjir di Kalsel

Dia mengimbau agar pengguna jalan dari Siantar menuju ke Parapat menggunakan jalur di Simpang Palang. Jalan tidak bisa dilewati karena tertutup material longsor.

“Warga yang akan melintas dari Siantar menuju ke Parapat kami alihkan dari Simpang Palang, kemudian dari Parapat menuju Siantar masih bisa dilalui oleh satu kendaraan,” katanya.

  • Bagikan